5 Langkah Pencegahan Penyakit Kanker Darah

Kanker darah merupakan jenis penyakit kanker yang menyerang sistem imunitas tubuh. Sebab, mengaitkan sistem kerja darah putih, sistem linfatik dan sum sum tulang belakang. Pasien penyakit kanker darah mempunyai sum-sum tulang belakang yang akan memproduksi sel darah putih.

Namun, sel darah putih ini dihasilkan untuk mengalami cacat & tidak normal sehingga tidak dapat bekerja untuk menangkal infeksi dan sumber penyakit lain yang bisa membahayakan tubuh. Dan ini merupakan jenis kanker yang umum sekali & dapat terjadi disegala usia. Dari anak-anak sampai orang tua. Sehingga perawatan yang diperlukan pun sangat kompleks, dikarenakan pengedarannya sangat cepat.

Cara pencegahan Penyakit Leukimia
Cara Menangkal penyakit kanker darah semestinya memang harus dilakukan oleh semua orang. Tak hanya untuk pengidapnya saja namun untuk semua orang yang masih sehat sekalipun. Sebuah langkah yang harus dilakukan ialah dengan mempertimbangkan nutrisi makanan terbaik untuk mencegah kanker darah. Dan dibawah ini merupakan beberapa jenis makanan yang dianjurkan untuk dikonsumsi sebagai pencegahan kanker darah, diantaranya :

  1. Tomat, memakan tomat secara rutin dapat mencegah kanker darah. Kandungan likopen yang ada pada tomat menjadi senyawa flavonoid untuk mencegah kanker. Likopen yang terkandung dalam tomat ini ditunjukan dengan zat warna alami seperti oranye & kemerahan. Untuk memperoleh khasiat terbaik dari tmat, Anda bisa dengan merebusnya sebentar saja. Ternyata dengan mengkonsumsi tomat mentah dapat melambatkan penyerapan likopen oleh tubuh.
  2. Brokoli, mengkonsumsi jus brokoli / kukusan brokoli bisa membantu mencegah kanker darah secara efektif. Hal ini dikarenakan brokoli mengandung senyawa sulfarophane. Senyawa ini akan masuk secara langsung ke aliran darah sesudah melalui saluran pencernaan. Senyawa sulforaphane ini berfungsi untuk membantu tubuh memperoleh sistem imunitas tubuh dan menangkal semua sumber karsinogen / zat pemicu berbagai jenis kanker dalam tubuh. Apabila ingin mengkonsumsi brokoli, dengan cara direbus. Maka jangan terlalu lama merebusnya, sebab bisa menghilangkan sulforapohane yang terkandung didalamnya.
  3. Kembang kol, jenis sayuran yang serupa dengan brokoli ini juga mempunyai kandungan sulforaphane, yang juga mampu mencegah terjadinya kanker darah. kembang ol ini mempunyai warna putih dan rasa yang tawar. Selain itu kembang kol juga mempunyai kandungan karbohidrat seperti sayur yang amat sehat, yang dapat pula dijadikan sebagai makanan pengganti nasi. Untuk mengkonsumsinya, lebih baik dengan direbus/dikukus.
  4. Lobak, dari sebagian besar orang tidak menyukai lobak, dikarenakan rasanya yang sedikit getir dan pahit. Akan tetapi, ternyata lobak mempunyai manfaat yang besar sekali, yang bisa dijadikan sebagai pencegahan kanker darah. Selain dari pada itu, lobak juga memiliki kandungan sulforaphane yang mampu meningkatkan sistem imunitas tubuh dan aggen penangkal pembentukan kanker dalam tubuh. Di jepang dan korea sangat sedikit sekali masyarakatnya yang menderita penyakit kanker darah. Dikarenakan pada masyrakat jepang & korea menjadikan lobak ini sebagai sayuran wajib yang dikonsumsi dalam sehari-harinya. Untuk Anda yang ingin mengkonsumsinya, rebus/kukus lobak terlebih dahulu. Tetapi jika Anda suka memakannya secara langsung/mentah juga boleh-boleh saja.
  5. Kubis merah, jenis sayuran yang satu ini dikenal sebagai salah satu jenis sayuran yang mulai banyak disukai. Kubis ini berbentuk seperti jenis kubis putih biasa. Tetapi, kubis merah jadi sayuran yang ampuh untuk mencegah terjadinya penyakit kanker darah. Ini dikarenakan kandungan sulforaphane dalam kubis merah yang ternyata lebih tinggi ketimbang kubis putih biasa. Senyawa sulforaphane memang baik sekali untuk memerangi pembentukan kanker darah sebab dapat mencegah terjadinya pembentukan tumor dan membentuk sistem imunitas tubuh. Untuk supaya tetap mendapatkan kandungan sulforaphane, Anda bisa mengkonsumsi kubis merah ini dengan cara di tumis sebentar saja.

Demikianlah informasi yang bisa saya berikan seputar makanan sehat yang bisa membantu Anda mencegah terjadinya penyakit kanker darah. Semoga artikel ini bisa menambah wawasan dan bisa bermanfaat pula untuk Anda yang membacanya dan kami berharap kita semua selalu terhindar berbagai macam penyakit khususnya penyakit berbahaya yang bisa mengancam kesehatan dan jiwa kita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *