Masalah Umum Sekitar Prostat Yang Dapat Memicu Kanker Prostat

Pria yang mendekati usia 40 tahun, mungkin sering dijumpai terjadi pembesaran pada prostatnya. Masalah prostat yang paling umum terjadi adalah pembesaran prostat mencapai seukuran buah jeruk, akibatnya aliran kemih yang melalui uretra tertekan sehingga air kencing menjadi tidak lancar atau bahkan tersumbat. Pada kondisi ini disebut Benign Prostatic Hyperplasia (BPH).
Pembesaran atau pembengkakan kelenjar prostat cenderungan pembengkakan kelenjar ini mungkin saja berhubungan dengan hormon pria testosteron.
Kondisi membesarnya kelenjar prostat dapat berkembang menjadi kanker prostat. Gejala yang dirasakan antara lain adalah meningkatnya intensitas / sering buang air kecil terutama di malam hari, melemahnya pancaran air seni, urine berdarah, sulit buang air kecil, dan meskipun anda telah melakukan buang air kecil tetapi perasaan bahwa air seni di dalam kandung kemih belum benar-benar habis (anyang anyangan).
Masalah yang dapat timbul karena kondisi BPH:
Prostatitis (Radang Prostat)
Jika anda mengalami masalah ketidaknyamanan atau sering buang air kecil? Kemungkinan Anda mengalami infeksi pada prostat yang disebabkan oleh bakteri, penyakit ini disebut Bacterial Prostatitis.
Bacterial prostatitis menyerang pria semua umur, dan infeksi ini biasanya menyebar dalam kandung kemih atau uretra. Namun dalam banyak kasus, penyebab peradangan ini tidak terdeteksi bagaimana infeksi ini masuk ke saluran kemih.
Gejala lain yang terjadi antara lain demam, rasa tidak nyaman pada testis, dan nyeri perut atau punggung bagian bawah. Infeksi ini bisa menjadi kronis atau akut jika prostat terlalu membengkak sehingga penderita tidak dapat buang air kecil lagi.
Kanker Prostat
Tumor atau kanker ganas juga dapat menyerang prostat. Pada umumnya, kanker prostat menyerang kalangan pria di atas 50 tahun dan merupakan pembunuh kedua di Amerika Serikat yang menyerang para pria, kanker prostat jarang menyerang pria di bawah usia 45 tahun, kecuali ada faktor genetika di keluarga Anda yang pernah mengalaminya. Kanker prostat biasanya dapat disembuhkan jika terdeteksi sejak dini dan terdeteksi dalam pemeriksaan kesehatan yang rutin.
Sayangnya, kanker ini tumbuh diam diam dalam kelenjar prostat bahkan sewaktu gejala gejalanya tidak dapat anda rasakan. Ketika kanker telah menyebar sampai ke tulang dan ke organ tubuh yang lain, akan menimbulkan gejala neurologis, nyeri punggung, serta pembengkakan pada kaki.

Baca juga info penting tentang pengobatan kanker prostat yang ampuh dan aman,

Oleh karena itu bagi pria usia 50 tahun penting sekali menjalani uji rektal digital kemungkinan ditemukan benjolan atau pembesaran pada prostat, dan prostate-specific antigen blood test, untuk mendeteksi sejenis protein yang keluar dari prostat apabila ada kanker.

sumber : www.cancerresearchuk.org

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *